Jakarta Fair Kemayoran Ke-51

Blomil, Jakarta. Tahun 2016 pas bulan puasa, 2017 juga, sekarang juga, bahkan mulainya di puasa hari ke-7, berlangsung selama 39 hari di Kemayoran. Hehehe. Iya, Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 dibuka tanggal 23 Mei 2018. Perhelatan pameran akbar tahunan itu enggak pernah kehilangan penggemarnya, usianya sekarang 51 tahu. Iya, ini Jakarta Fair ke-51, luar biasa, ya, masih lestari dan memang harus dilestarikan, sih, menurutku.

Demi lancarnya acara dan memudahkan pengunjung dan calon pengunjung, JFK ada aplikasi androidnya, di situ ada jadwal acara, info seputar JFK, sampai dengan grand prize. Seru, kan, tahun ini ada grand prize yang wow, mau tahu? Download di playstore. Hehehe.

Untuk menuju JFK atau PRJ bisa naik kereta commuter line jabodetabek dan turun di stasiun Kemayoran, lanjut ojek online. Kalau mau naik TransJakarta juga bisa, untuk perhelatan ini disediakan rute khusus menuju Kemayoran. Beberapa kali ke sana, aku pakai TransJakarta dati Monas, memang agak lama menunggunya, karena lewat setiap 45 menit, syukur-syukur enggak lama nunggunya.

Penting!

Tema PRJ kali ini “Mamam – Maen – Motret”, nah, makanya tahun ini dibuat beda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekarang dibuat instagramable, secara sasarannya generasi masa kini yang kerjanya cekrek upload. Hehehe. Mau tahu semenarik apa, gak? Kalau mau langsung ke PRJ, kalau enggak mau di bulan puasa, masih bisa setelah lebaran nanti, kan, sampai tanggal 1 Juli 2018.

Sebagai ajang pameran terbesar, PRJ menyajikan semua yang bisa dan memungkinkan dijadikan pameran, kendaraan kelas menengah sampai kelas atas pun ada, tinggal pilih. Makanan pun, banyak, pastinya ada kerak telor yang khas Jakarta. Makanan dan minuman yang banyak di iklan juga ada pastinya.

Kuliner Khas PRJ, Kerak Telor (Foto by: PRJ)

Hiburannya setiap hari dari artis-artis ternama, pastinya jadi pengin ke PRJ sering-sering. Kalau ke PRJ pakai pakaian yang nyaman dan sepatu atau alas kaki yang enak buat jalan berlama-lama. Saran, kalau ke PRJ siapkan diri, jangan manyun, mungkin yang belum dapat jodoh bisa ketemu di sana. Eeeaaa. Buat para pria, bisa foto-foto sama cosplayer princess, kalau punya pacar suruh fotoin. Hihihi.

Biasanya ke Jakarta Fair itu enggak sendirian, minimal ada temannya satu orang, karena menurutku, sih, enggak asik banget kalau enggak ada teman ngobrol dan keliling sendirian. Berasa banget lelahnya. Jakarta Fair itu seperti lautan manusia, tapi enggak sehoror itu, kok, masih tetap nyaman berjalan. Kalau bawa anak kecil, mendingan digendong atau jangan pernah lepas pegang tangannya. Sesama orang dewasa saja kalau terpisah agak sulit mencarinya.

Jakarta Fair itu dulunya di Monas, dan selama terselenggara di Monas aku belum pernah datang, jadi ke Jakarta fair itu setelah pindah ke Kemayoran. Ada orang yang setia datang sejak mengenal Jakarta Fair, alasannya adalah bertabur diskon. Hahaha, iya, memang benar, sih, JFK itu semacam pusat diskon tahunan.

Jadwal buka Pekan Raya Jakarta 2018 seperti ini:

Senin – Kamis buka jam 15:30-22:00 WIB – HTM 25K

Jumat buka jam 15:30-23:00 WIB – HTM 30K

Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional jam 10:00-23:00 WIB – HTM 35K

Karena bulan puasa, jadi cocok banget jam bukanya, sekalian nunggu berbuka bisa keliling di luasnya JFK. Perhelatan akbar tahunan ini menjadi magnet untuk mendatangkan orang-orang yang adalah pengunjung dari luar Jakarta. Sepertinya siapa pun rela datang jauh demi sehari ke Pekan Raya Jakarta.

 

Tentang penulis:

Penulis adalah WiChan, anggota Komunitas Blomil aktif. Untuk tulisan-tulisan lain dari WiChan bisa di baca di

 

Posted in Uncategorized

2 Replies to “Jakarta Fair Kemayoran Ke-51”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *